About

Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang adalah Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.Berawal bernama RSUD Kotaagung dan dioperasikan berdasarkan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Tanggamus Nomor 5 Tahun 2006 tentang pembentukan rumah sakit umum daerah Kotaagung KabupatenTanggamus, yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta Kompleks Islamic Center KabupatenTanggamus.

 

Pada tanggal 3 Februari 2020 RSUD Kotaagung berganti nama menjadi RSUD Batin Mangunang yang berdasarkan kepada Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Nomor 445/ 001/ 35/ II/ 2020 Tentang Izin Perubahan Rumah Sakit  Umum Daerah Kota agung Menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang Kabupten Tanggamus.

 

 

Sebagai salah satu Satuan Kerja Pemerintah Daerah di lingkungan PEMDA yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD(PPK–BLUD) dan dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang/jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. Hal tersebut bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan dan sejalan dengan praktek bisnis yang  sehat. Demikian halnya dengan Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang Kabupaten Tanggamus, perkembangan RSUD Batin Mangunang menjadi PPK – BLUD merupakan peluang yang sangat baik bagi kelangsungan hidup RSUD Batin Mangunang dimasa yang akan dating adanya kewenangan dalam penggunaan anggaran terutama pembelanjaan.

 

 

Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang Kabupaten Tanggamus termasuk dalam katagori type C dengan No : HK.02.03/I/0280/2014 ditetapkan di Jakarta pada tanggal : 24 Februari 2014 serta telah memenuhi standar akreditasi Rumah Sakit dan di nyatakan lulus tingkat perdana bintang satu No : KARS – SERT /576/2018.